Senin, 12 April 2010

Sekilas Mengenai Komputasi Modern


Komputasi sebenarnya bisa diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma. Komputasi merupakan suatu sub-bidang dari ilmu komputer dan matematika. Selama ribuan tahun, perhitungan dan komputasi umumnya dilakukan dengan menggunakan pena dan kertas, atau kapur dan batu tulis, atau dikerjakan secara mental, kadang-kadang dengan bantuan suatu tabel. Namun sekarang, kebanyakan komputasi telah dilakukan dengan menggunakan komputer.
Dan dapat disimpulkan komputasi yang menggunakan komputer bisa disebut dengan Komputasi Modern. Dalam komputasi modern terdapat perhitungan dan pencarian solusi dari masalah yang ada, yang menjadi perhitungan dari komputasi modern adalah :
· Akurasi (bit, floating point) 
· Kecepatan (dalam satuanHz) 
· Problem volume besar (paralel) 
· Modeling (NN dan GA) 
· Kompleksitas (menggunakan Teori Bog O) 

Pada paruh pertama abad 20, banyak kebutuhan komputasi ilmiah bertemu dengan semakin canggih komputer analog, yang menggunakan mekanis atau listrik langsung model masalah sebagai dasar perhitungan. Namun, ini tidak dapat diprogram dan umumnya tidak memiliki fleksibilitas dan keakuratan komputer digital modern. 

George stibitz secara internasional diakui sebagai ayah dari komputer digital modern. 
sementara bekerja di laboratorium bel di November 1937, stibitz menciptakan dan membangun sebuah relay berbasis kalkulator ia dijuluki sebagai "model k" (untuk "meja dapur", di mana dia telah berkumpul itu), yang adalah orang pertama yang menggunakan sirkuit biner untuk melakukan operasi aritmatika. Kemudian model menambahkan kecanggihan yang lebih besar termasuk aritmatika 
dan kemampuan pemrograman kompleks. 

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi 
http://phenomenalsite.co.cc/?p=46 
http://www.komputasi.lipi.go.id/utama.cgi?cetakartikel&1111718762 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar