Rabu, 14 April 2010

Keuntungan dari Rekam Medik Berbasis Komputer

  1. Akses jarak jauh ke data pasien
    Beberapa dokter dapat mengakses catatan pasien secara bersamaan dari berbagai lokasi. Dengan munculnya teknologi baru-baru ini yg mampu mengamankan transmisi data melalui web, dokter sekarang dapat meninjau dan mengedit catatan pasien dari mana saja di dunia.
  2. Keterbacaan catatan
    Grafik tulisan tangan yang sangat sulit untuk dibaca. Layar atau dicetak teks Pada seringkali jauh lebih mudah dibaca daripada tulisan tangan.
  3. Keamanan data
    Pengguna baru sering resah atas potensi data hilang akibat kerusakan sistem. Dengan dirancang dan diuji dengan baik skema cadangan dan sistem pemulihan bencana, sebuah catatan berbasis komputer jauh lebih dapat diandalkan dan kurang rentan terhadap kehilangan data dari catatan kertas berbasis konvensional.
  4. Kerahasiaan data pasien
    Record akses dapat dibatasi dan dipantau secara otomatis, setiap pengguna dapat memiliki tingkat tertentu akses ke berbagai tipe data. Log audit dapat diputar secara elektronik untuk mencari kelainan statistik yang dapat merekam sinyal akses yang tidak sah.
  5. Fleksibel tata letak data
     Pengguna dapat memiliki display data terpisah dan layar entri data, mengingat data dalam urutan apapun (misalnya, secara kronologis atau dalam urutan kronologis terbalik), dan menciptakan kondisi penyakit atau format data yang spesifik review.Kertas catatan menderita kendala temporal dalam arti bahwa data tetap dalam urutan yang tepat di mana mereka dicatat.
  6. Integrasi dengan sumber informasi lain
    Setelah dalam bentuk data elektronik pasien dapat dihubungkan dengan informasi referensi disimpan dan dipelihara secara lokal atau, melalui internet, pada setengah-cara komputer di seluruh dunia.
  7. Penggabungan data elektronik
    Data fisiologis dapat ditangkap secara otomatis dari monitor di samping tempat tidur, analisa laboratorium, dan perangkat pencitraan di seluruh perusahaan kesehatan. Seperti data capture bebas dari ketidakpastian dan unreliabilities upaya entri data manusia.
  8. Pengolahan data yang berkesinambungan
     Diperoleh bahwa data terstruktur dan kode dengan cara jelas, program secara terus menerus dapat memeriksa dan menyaring data untuk kesalahan, meringkas dan menafsirkan data, dan tanda menerbitkan dan / atau pengingat untuk dokter setelah deteksi mengancam kehidupan-peristiwa yang berpotensi.
  9. Bantuan pencarian
    Pada sebagian kecil dari waktu yang diperlukan dengan menggunakan sistem manual komputer dapat mencari bebas-teks (atau istilah Barnett octo itu "teks mahal") serta data terstruktur untuk mencari nilai data tertentu atau untuk menentukan apakah suatu item tertentu memiliki pernah direkam. Namun, teks tidak terstruktur harus dicari dengan hati-hati karena dokter menggunakan kata-kata yang berbeda dan frase untuk menyatakan konsep klinis yang sama.
  10. Jangkauan yang luas terhadapakses database
    Data dapat disajikan kepada pengguna melalui suara yang dihasilkan komputer, pager dua arah, atau email, misalnya. Selain itu, instruksi dapat dikirim ke luar, yang dikontrol perangkat komputer seperti dispenser pil otomatis, atau pompa infus yang kemudian akan melakukan tindakan yang dimaksudkan klinisi. Akhirnya, beberapa gambar pesawat tunggal dapat diubah kembali menjadi gambar 3-dimensi tunggal dan ditumpangkan pada bedah lapangan pandang.
  11. Disesuaikan ouput kertas
    Data dapat dicetak dengan menggunakan berbagai font, warna, dan ukuran untuk membantu memfokuskan perhatian klinisi yang pada data yang paling penting.Selain itu, gambar dapat dikombinasikan dengan data tekstual untuk membuat "gambaran yang lebih lengkap" dari kondisi pasien.
  12. Selalu up to date
    Jika catatan elektronik yang terintegrasi, maka semua data segera tersedia untuk semua praktisi terlepas dari lokasi fisik mereka segera setelah data dimasukkan ke komputer. Ini menghilangkan masalah yang terkait dengan beberapa dokter, masing-masing menjaga sebagian kecil yang rekam medis pasien di kantor mereka dan mentransfer catatan ini berbasis kertas bolak-balik saat mereka berkonsultasi.

    Oleh : Powsner SM, Wyatt JC, Wright P.
    sumber : http://www.informatics-review.com/thoughts/advantages.html 

2 komentar: